kumpulan istilah dunia it istilah komputer dunia it
hosting murah hosting berkualitas hosting terpercaya
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
info lowongan kerja lowongan kerja lowongan kerja
resep makanan kumpulan resep makanan dan kue cara membuat masakan

PRASASTI JAMBU

Diposting Oleh : editor, 17.10.2012

Lokasi Kampung Pasir Gintung Parakan Muncang Kecamatan Nanggung. Prasasti mempunyai kedudukan yang penting karena merupakan salah satu sumber sejarah kontemporer.

Apabila diteliti dengan seksama keterangan didalam bagian prasasti maka dapat memuat :
1. Pembukaan : sarana berupa Selamat atau Hormat untuk Dewa
2. Untuk Penanggalan : : perkiraan angka tahun pembuatan
3. Nama Raja yang memerintah
4. Isi Maklumat : dikaitkan dengan suatu peristiwa
5. Penutup

Penggunaan prasasti sebagai sumber sejarah mempunyai interprestasi bagi penulis yang dapat memberikan gambaran yang amat menarik mengenai hal–hal yang dapat disimpulkan pada adanya struktur kerajaan, sistem birokrasi, sistem kemasyarakatan, perekonomian, agama dan kepercayaan serta adat istiadat didalam masyarakat tersebut. Prasasti jambu adalah sebuah prasasti yang berlokasi di Kampung Pasir Gintung Desa Parakan Muncang Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor. Penempatan prasasti berada pada sebuah perbukitan yang bernama Bukit Koleangkak.

Dikelilingi oleh suatu perkebunan karet milik pemerintah dan area pepohonan milik masyarakat, oleh sebab itulah prasasti ini disebut “ Prasasti Jambu “ sungai bernama Cikatungka menambah kesejukan tempat prasasti yang berukuran 20 X 120 m. Keberadaan Prasasti Jambu tidak terlepas dari prasasti lainnya yang ada di Jakarta,Bogor dan Banten yang mengaitkan adanya untaian sebuah kerajaan bernama Tarumanagara dengan raja bernama Purnawarman.

Seperti disebutkan dalam Prasasti Tugu, Prasasti Ciaruteun, Kebon Kopi, Pasir Muara, Jambu, Cidangiang, Pasir Awi dan beberapa prasasti lainnya di Cibuaya Karawang serta prasasti kota kapur. Dari beberapa prasasti tersebut menyatakan bahwa Purnawarman memang tokoh yang benar – benar pernah ada dari sebuah kerajaan pada jamannya.
Pada Prasasti jambu terdapat beberapa persamaan dengan prasasti lain yang ada di Kabupaten Bogor diantaranya :
1. Prasasti jambu merupakan sebuah tugu peringatan yang mengandung makna adanya kerajaan nama rajanya
2. ditulis dan diukir pada sebuah batu besar yang datar
3. berbahasa sansakerta beraksara pallawa

Ciri – ciri dan tulisannya diawali dengan ukiran sepasang telapak kaki dan diberi keterangan berbentuk puisi dua bait :
“shirman data kertajnyo narapatir – asamo yah pura tarumayam nama shri purnawarman pracuraripucara fedyavikyatavarmrno tasyedam-padavimbadvayam arna garotsadane nitya-dakshambhaktanamyandripanan-bhavati sukhakakaramshalyabhutam ripunam.”

Terjemahannya (menurut Vogel) :
“Yang termashur serta setia kepada tugasnya ialah raja yang tiada taranya bernama Sri Purnawarman yang pernah memerintah Taruma serta baju perisainya tidak dapat ditembus oleh panah musuh–musuhnya. Kepunyaannyalah kedua jejak telapak kaki ini, yang selalu berhasil menghancurkan benteng musuh, yang selalu menghadiahkan jamuan kehormatan (kepada mereka yang setia kepadanya), tetapi merupakan duri bagi musuh–musuhnya.”

Kerajaan Taruma didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman dalam tahun 358 M. Ia wafat tahun 382 dan dipusarakan di tepi kali Gomati ( Bekasi ). Ia digantikan oleh putranya Dharmayawarman ( 382 – 395 ) yang setelah wafat dipusarakan di tepi kali Candrabaga. Purnawarman adalah Raja Tarumanegara yang ke tiga ( 395 – 493 M ). Ia membangun ibukota kerajaan baru dalam tahun 397 yang terletak lebih dekat ke pantai dan dinamainya Sundapura. Sebagai objek wisata budaya yang menarik Prasasti Jambu selalu mendapat kunjungan rata – rata 40 – 70 orang setiap bulannya.

Sumber :
1. http://www.radar-bogor.co.id/index.php?rbi=berita.detail&id=66422
2. http://metro-daerah.blogspot.com/2010/11/prasasti-jambu-kurang-perhatian.html
3. http://www.panoramio.com/photo/45921814

0 comments

Add your comment

Nickname:
E-mail:
Website:
Comment:


− 1 = 2

Berita TerkaitKembali Ke Halaman Depan

SITUS KAMPUNG MUARA DESA CIARUTEUN HILIR KEC.CIBUNGBULANG

SITUS KAMPUNG MUARA DESA CIARUTEUN HILIR KEC.CIBUNGBULANG(0)

Lokasi : Desa Ciaruten Hilir Situs Ciaruteun karena disini banyak di temukan Prasasti salah satunya Prasasti Ciaruteun yaitu sebuah Prasasti yang berasal dari masa Tarumanagara, yang dikeluarkan oleh raja Purnawarman pada sekitar abad ke V M. Situs ini merupakan situs berlanjut (Multur Comporentsitus)yang dipergunakan sejak masa Prasejarah hingga sekitar abad ke 16 M,terlihat pada tahun

SITUS GARISUL

SITUS GARISUL(1)

DESKIPSI SITUS GARISUL Situs adalah merupakan suatu kumpulan keberadaan Benda Cagar Budaya yang mengandung nilai-nilai kepurbakalaan. Biasanya terhampar dalam suatu area tertentu baik yang berada di tanah dataran maupun perbukitan. Salah satu Situs yang masuk dalam inventarisasi dan Dokumentasi pada Seksi Kebudayaan adalah Situs Garisul Desa Kolong Sawah Kecamataan Jasinga. Ditempuh dengan jarak 42 km

SITUS CIBALAYADESA TAPOS KECAMATAN TANJOLAYA

SITUS CIBALAYADESA TAPOS KECAMATAN TANJOLAYA(0)

Salah satu peninggalan yang cukup banyak di kabupaten Bogor ini diantaranya adalah peningalan dari tradisi Megalitik Cibalaya yang terletak di Cibalay Desa Tapos I Kecamatan Tenjo Laya. Jarak tempuh dari Kota Cibinong kurang lebih 24 Km dan menuju jalan setapak kurang lebih 3 Km untuk mencapai Lokasi . Hasil pemantauan di Lokasi ,Situs Megalitik Batu

Situs Pemakaman Arca Domas

Situs Pemakaman Arca Domas(0)

Lokasi : Kampung Arca Domas, Desa Sukaresmi Kec. Megamendung Kab. Bogor Di pemakaman Arca Domas bisa ditemukan sepuluh makam tentara Jerman, dua diantaranya tidak dikenal, yang gugur pada masa akhir Perang Dunia ke-2, karena menderita sakit maupun akibat tindak kekerasan. Mereka datang ke Indonesia menumpang kapal selam, yang bertugas membawa bahan-bahan baku penting selama perang

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta(0)

Nama Pura ini, Parahyangan Agung Jagatkharta, mempunyai arti Alam Dewata yang sangat sempurna kesuciannya. Pura ini merupakan pura terbesar di Jawa Barat dan merupakan istana dari Prabu Siliwangi dan seluruh leluhur Jawa Barat. Pura ini setiap minggunya banyak dikunjungi oleh peziarah baik dari Bogor, luar Bogor bahkan dari luar Provinsi Jawa Barat (terutama dari Bali).

Selengkapnya
 
Jl. Raya Tegar Beriman, Cibinong – Jawa Barat
© 2012 Pemerintah Kabupaten Bogor All rights reserved.