17 Oktober 2017 13:43:36
Pemkab Bogor Serius Kembangkan Posyandu

DSC_1317.JPG

Release Diskominfo kabupaten Bogor
Selasa, 17 Oktober 2017
Sukaraja

Dalam rangka menjamin optimalisasi pengembangan Posyandu, Pemkab Bogor telah berupaya melaksanakan pembinaan terhadap para kader posyandu untuk meningkatkan kinerjanya dalam beberapa aspek. Hal tersebut ditegaskan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar ketika menerima Tim Penilai Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat di Puskesmas Bougenville Desa Pasirlaja, Kecamatan Sukaraja, pada Selasa (17/10). Hadir ketua tim penilai Provinsi Jawa Barat Eko Sanyoto, Kepala DPMD Kabupaten Bogor Deni Ardiana, Camat dan Muspika Sukaraja.

Adang juga mengatakan, dukungan Pemkab Bogor terhadap pengembangan posyandu juga di berikan dalam bentuk pelatihan maupun pembinaan atau rapat koordinasi yang didukung oleh APBD. Terlebih Pemkab Bogor didukung oleh Peraturan Bupati Bogor Nomor 30 Tahun 2017 tentang revitalisasi posyandu. Semua ini menurut Adang, bertujuan untuk mewujudkan posyandu menjadi pusat informasi dan konsultasi selain pelayanan kesehatan dasar.

"Perbup mengatur bagaimana kita mendorong semua posyandu mandiri agar bisa menjadi posyandu multifungsi. Kemudian dalam setiap musrenbang kecamatan atau melalui surat edaran kepada camat, kita dorong juga bagaiamana posyandu diberikan prioritas untuk pengembangan, agar bisa menjadi pusat kegiatan yang mampu memenuhi kebutuhan warga disekitarnya," terang Adang.

Adang juga menambahkan, khusus untuk Posyandu Bougenville yang menjadi sasaran penilaian pada kesempatan ini, merupakan salah satu posyandu terbaik di Kabupaten Bogor yang telah berhasil menjalankan perannya secara optimal dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari peran seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bogor yang bidang tugasnya bersentuhan dengan peningkatan derajat masyarakat, Tim Penggerak PKK setempat melalui 10 program pokok PKK, Pokja Posyandu Desa, Pokjanal Posyandu Kecamatan hingga Pokjanal Posyandu Kabupaten," tambah Adang.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Posyandu Provinsi Jawa Barat Eko Sanyoto menjelaskan, Lomba Posyandu ini merupakan ajang  untuk memberikan apresiasi atas upaya pengembangan posyandu di Jawa Barat. Sedangkan makna prestasi dalam lomba tersebut, adalah kompetisi untuk memperoleh predikat terbaik dalam pembinaan dan pengembangan posyandu sehingga mampu menjadi Bencmark bagi posyandu di daerah lainnya.

"Semua ini dilakukan agar bagaimana posyandu bisa terjamin keberlanjutannya secara sistematis, dan apakah proses pelayanan posyandu yang sudah, sedang dan akan dijalankan mengarah pada pencapaian tujuan dan sasaran. Melalui lomba inilah kita dapat mengukur dan mengetahui hal tersebut, dan setiap posyandu yang kita nilai mempunyai peluang menjadi juara, termasuk posyandu Bougenville," terang Eko. (OCKY/DISKOMINFO)

 


Tambahkan Komentar

Nama :
Email :
Url :
Masukkan Captcha :
Komentar :
   
Komentar Masuk

belum ada komentar.
Berita Terkini OPD
14 Juni 2018 14:54:43
PENANGANAN LIMBAH RUMAH SAKIT
            Limbah RS adalah semua limbah yang dihasilkan kegiatan RS dalam…
14 Juni 2018 14:40:00
WASPADA DIFTERI 2
            Difteri Laring Merupakan perluasan difteri faring, Gejala obstruksi saluran…
14 Juni 2018 14:23:07
WASPADA DIFTERI 1
            Penyakit infeksi akut, sangat menular disebabkan oleh Corynebacteriumdiphtheriae yang…
14 Juni 2018 14:10:21
TROMBOSITOPENIA PADA KEHAMILAN
            Trombosit Adalah sel darah yang berfungsi menghentikan perdarahan (bersama…
14 Juni 2018 14:07:01
VERTIGO
            Adalah : Ilusi bergerak, Halusinasi gerakan, Penderita merasa/melihat lingkungan sekitar bergerak,…
Kalender Teman
JUNI
25
HALAL BIHALAL KECAMATAN CIJERUK
Lokasi : Gedung Serbaguna Kecamatan Cijeruk
JUNI
22
KEGIATAN LOMBA DALAM RANGKA HARI JADI BOGOR
Lokasi : Halaman Kantor Kecamatan Cijeruk
Berita Terkait
08 Juni 2018 16:56:35
PMI Terjunkan 105 KSR Di Pos Pam Lebaran
Release Diskominfo Kabupaten BogorJumat, 08 Juni 2018CIBINONGSebanyak 105 orang Korps Sukarela (KSR) PMI Kabupaten Bogor…
08 Juni 2018 13:27:57
Bupati Bogor Bersama Muspida Kabupaten Bogor Tinjau Kesiapan Difungsikannya Tol Bocimi
Release Diskominfo Kabupaten BogorJumat, 08 Juni 2018CigombongBupati Bogor, Hj. Nurhayanti meninjau jalan Tol Bogor Ciawi…
07 Juni 2018 18:30:00
Bupati Bogor Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Bogor
Release Diskominfo Kabupaten BogorKamis, 07 Juni 2018CibinongBupati Bogor Hj. Nurhayanti menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten…
06 Juni 2018 13:20:24
Apel Siaga Pengamanan Mudik Lebaran Tahun 2018
Release Diskominfo Kabupaten BogorRabu, 06 Juni 2018CibinongGuna menciptakan kenyamanan arus mudik dan arus balik lebaran…
Banner
Video Galeri